7 Kain Murah Bandung Berkualitas Cocok untuk Baju atau Busana - Grosirkainbandung

7 Kain Murah Bandung Berkualitas Cocok untuk Baju atau Busana

kain murah bandungTahukah kamu, ada banyak kain di bandung berkualitas bagus yang sebenarnya berharga murah. Tapi, bahan tersebut akan jadi berharga mahal kalau sudah berubah jadi pakaian (busana). Bahkan tidak jarang, baju bermerek yang kamu beli dengan harga mahal di mall sebenarnya dibuat dengan kain murah yang berkualitas. Lalu, di manakah kita bisa membeli kain berkualitas dengan harga murah? Salah satu tempatnya adalah di Bandung.

Sudah sejak lama Bandung terkenal sebagai pusat mode di Indonesia. Itulah asal muasal julukan Paris Van Java yang disematkan untuk kota di Jawa Barat ini. Di sana, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat jual kain murah dari berbagai jenis. Mulai kain produksi lokal hingga kain impor. Khusus bagi kamu yang tertarik untuk membuat baju, dress, atau gamis, dan belum tahu bagaimana cara memilih
yang cocok dan bagus, berikut referensi 7 kain murah Bandung berkualitas cocok untuk baju atau busana.

Pilihan kain Bandung murah dan bagus

1. Kain Balotelli Motif

Bahan kain murah dan berkualitas yang pertama adalah kain balotelli motif, Kain ini masuk ke dalam kategori kain balotelli katun (cotton) yang populer dan banyak digunakan untuk membuat busana Muslimah, mulai dari celana panjang, rok, gamis syar'i, blus, hingga kemeja. Berbagai kelebihan kain ini, adalah alasan mengapa banyak desainer yang menyukai kain balotelli dan memfavoritkan kain ini untuk dijadikan sebagai bahan membuat pakaian, misalnya:
  1. Bahannya tebal dan ringan sehingga tidak menerawang saat dikenakan
  2. Serat kainnya rapat sehingga terasa halus dan lembut saat dikenakan
  3. Terasa dingin dan tidak bikin gerah, sangat cocok dengan cuaca di Indonesia yang cenderung hangat dan panas
  4. Sifat kain ini agak kaku dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh sehingga cocok digunakan untuk membuat gamis/hijab syar’i

2. Kain sifon (Chiffon)

Kalau kamu tertarik dan suka mengenakan pakaian yang terlihat mewah atau berkelas, kamu wajib mempertimbangkan kain sifon. Di dunia fashion, kain chiffon sangat identik dengan keanggunan. Kain ini ringan dan tipis sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai bahan untuk membuat gaun malam atau lingerie. Selain itu, bahan ini juga sering dimanfaatkan untuk memberikan sentuhan mewah pada tirai atau gorden.

Sebagian besar kain ini terbuat dari serat sintetis seperti nilon atau polyester. Bahan polyester adalah yang paling dominan digunakan, karena biaya produksinya rendah, memiliki daya tahan yang cukup baik, serta tidak mudah rusak apabila terkena noda.

Selain dibuat dari bahan sintetik, sebenarnya kain ini juga ada yang dibuat dari serat alami seperti kartun atau sutra. Sifon sutra adalah opsi terbaik kalau kamu tertarik untuk membuat pakaian yang terlihat premium (berkelas), pasalnya kain jenis ini akan terlihat berkilau dengan tekstur yang halus serta kuat namun ringan saat dikenakan.

3. Kain brokat

Selain kain sifon, kain murah Bandung berkualitas yang cocok untuk baju dan gamis adalah kain brokat. Walaupun mirip dengan kain-kain berenda atau kain bordiran (embroidery), namun kain ini sebenarnya sangat berbeda. Saat digunakan sebagai bahan pembuatan busana, kain ini bisa memancarkan kesan elegan dan mewah. Itulah sebabnya mengapa kain brokat banyak di manfaatkan untuk membuat gaun pengantin dan gaun malam. Kain ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam fashion items, mulai dari atasan, sepatu, aksesoris, hingga bawahan.

4. Kain Supernova

Ini adalah jenis kain yang dingin dan nyaman saat digunakan. Bahannya lembut dan ringan, tapi tidak jatuh seperti kain wolfis. Kain ini terbuat dari katun dan memiliki serat benang yang sangat halus. Jika diperhatikan lebih teliti, kita akan dengan mudah melihat serat-serat benang yang terurai (seperti berserabut) pada kain ini. Kain Supernova sangat cocok apabila dijadikan sebagai baju walaupun harganya lumayan murah.

5. Kain Toyobo Fodu Original

Kain toyobo fodu sangat cocok untuk kamu jika ingin membuat baju yang terlihat berkelas, kamu bisa mempertimbangkan kain toyobo original ini. Kain toyobo ini biasanya diimpor dari Jepang dan harga per meternya lumayan mahal jika dibandingkan dengan kain katun untuk baju pada umumnya. Walau demikian, kualitas yang akan kita dapatkan sebanding dengan ditawarkan.

6. Kain Maxmara

Polos Kain Maxmara Polos adalah opsi lain yang bisa kamu pertimbangkan jika menginginkan kain dengan karakteristik yang mirip kain satin. Kain ini sifatnya jatuh dan memiliki serat yang tersusun rapat, sehingga terasa halus di kulit dan nyaman ketika dikenakan. Jika dibandingkan dengan kain Balotelli, kain Maxmara berharga sedikit lebih mahal.

7. Kain Lycra

Kain murah Bandung lainnya yang cocok dibuat untuk baju maupun bawahan (legging) adalah kain Lycra. Kain ini sangat elastis dan kuat serta tidak mudah robek. Sangat cocok apabila dijadikan sebagai bahan pembuatan legging. Kain ini bisa melar hingga 500% karena terbuat dari bahan polimer. Sifatnya yang memiliki daya serap yang cukup baik adalah alasan mengapa Lycra banyak dipilih sebagai bahan pembuatan pakaian olahraga.